Posted on

Baniang GPIB Terbaru

IMG_20160413_064221

Majelis sinode GPIB melalui Unit Kerja Penerbitan (UKP) menerbitkan beberapa buku yang merupakan hasil Persidangan Sinode XX tahun 2015 di Balikpapan.

Buku yang ditandatangani Ketua Umum Majelis Sinode GPIB Pdt Paulus Kariso Rumambi M.Si dan Sekretaris Umum Pdt Marlene Joseph M.Th ini terdiri dari empat buku, yakni Buku I Pemahaman Iman dan Akta Gereja, Buku II Tata Ibadah, Musik Gereja dan Pakaian Liturgis, Buku III PKUPPG & Grand Design PPSDI dan Buku IV Tata gereja.

“Tugas Majelis Sinode XX menerbitkan dokumentasi hasil Persidangan Sinode XX tahun 2015 kedalam buku-buku,” kata Pdt Paulus Kariso Rumambi. Harapannya, buku-buku ini bisa sampai ke jemaat dan dapat memahami segala hal yang telah ditetapkan untuki dilaksanakan.

Dalam Buku I dengan sampul berwarna merah cukup banyak yang haraus diketahui sebagai pelayan di GPIB, antara lain diatur soal Perkawinan Beda Agama, alat Kelamin Buatan, Homoseks, Biseks, Poligami dan Penjualan Organ Tubuh.

Di Buku II dengan sampul berwarna kuning Tata Ibadah, Musik Gereja dan Pakaian Liturgis diatur antara lain soal Tata ibadah Hari Minggu, tata ibadah persekutuan doa, hingga tata ibadah Pelkat-pelkat. Di buku ini juga diatur soal pemakaian Tata Busana Pakaian Liturgis seperti Toga, Baniang, Stola dan perangkat ibadah lainnya.

Sebagaimana diketahui Toga, Baniang, Stola dan perangkat ibadah lainnya saat ini diperbaharui. Pelayan Tuhan dalam hal ini Diaken, Penatua dan Pendeta ada yang sudah mengenakan pakaian liturgis yang baru. Untuk Toga diatas pundak ada tiga kancing besar sebagai simbol Tritunggal dan kancing depan 12 kancing simbol 12 murid.

Buku III dengan sampul hijau PPKKUPG & Grand Design PPSDI berisikan ajakan Membangun dan Mengembangkan Gereja Misioner yang didasarkan pada potensi internal dan peluang eksternal. Di buku ini juga diaitur sola pendekatan grand design PPSDI GPIB yang berbasiskan kompetensi. Dan tak kalah menariknya adalah buku setebal 163 halaman ini juga mengurai secara jelas apa itu Iman GPIB.

Buku IV Tata Gereja dengan sampul biru berisikan 18 Peraturan Pokok antara Peraturan tentang Jemaat, Persidangan Sinode, Presbiter dan Peraturan tentang Musyawarah Pelayanan hingga Pelayanan Kategorial.

BANIANG TERBARU

Salah satu keputusan Persidanagan Sinode  XX tahun 2015 di Balikpapan adalah terkait dengan pakaian liturgis. Ada pembaharuan ketentuan penggunaan pakaian liturgis, baik itu toga, stola dan baniang. Baniang yang dipakai adalah baniang dengan kombinasi kerah clerical collar tujuannya untuk tetap memberikan makna segi oikumenis dan sebagai identitas bagi pendeta dalam tugas pelayanannya di masyarakat.

Kami melayani penjahitan baniang yang dimaksud sesuai ukuran yang dikehendaki. Kami memberikan harga khusus bagi para para pelayan Tuhan, sekalipun demikian kami tetap menggunakan kain dan jahitan standar jas.

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan silakan hubungi kami di:

Pin BB  : 5CDB7CD1, 5EA73676

HP/WA : 081286082999, 08882825608

Facebook: www.facebook.com/Rusi.Widamayanti

P_20160412_170651_1P_20160412_170725_1P_20160412_170907_1

Tinggalkan Balasan